Wisata Kuliner Semalam Di Sukabumi Part II – Muhammad Intania, SH

Wisata Kuliner Semalam Di Sukabumi Part I – Muhammad Intania, SH

Mie Bakso Super H. AS (Mang Ja’i ):

Setelah istirahat, maka selepas Magrib yang masih hujan gerimis di kota Sukabumi, dimulailah wisata kuliner malam hari dengan tujuan pertama mencicipi bakso Mang Jai (baca: ja i) di jalan Ir. H. Juanda.

Oalaahh, ternyata nama tempatnya adalah Mie Bakso Super H. AS (H. Achmad Sudja’i). Konon bakso ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan masih terjaga cita rasa khasnya hingga sekarang.

Saat ini usaha warung Mie Bakso Super H. AS / Mang Ja’i diteruskan oleh generasi berikutnya dari Alm. H. Achmad Sudja’i tersebut.

Bakso Mang Ja’i
Bakso Mang Ja’i

Wow, engga sia-sia berkunjung ke Sukabumi. Baksonya bener-bemer juara. Mana suasana lagi gerimis menjadi makin asyik menikmati bakso hangat Mang Ja’i yang terkenal ini.

Baksonya diolah dan dibuat sendiri. Terasa sangat lembut dan tidak alot sehingga tidak perlu tenaga ekstra untuk menikmati kelezatan bakso tersebut.

Ada juga tetelan yang makin menambah enak menikmati bakso ini. Untuk bakso besar terdapat potongan daging didalamnya seperti terlihat pada gambar diatas.

Satu lagi menu khas di Mang Ja’i adalah mie yamin / mie yamien. Mengunakan mie kuning pipih yang diolah sendiri. Konon mie kuning pipih ini hanya ada di Sukabumi. Mie ini tidak bertahan lama sehingga tidak bisa dibawa keluar melebihi 2 – 3 jam karena tekstur dan rasanya akan berubah. Mie ini tentu saja tanpa bahan pengawet sehingga sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Mie Yamin / Yamien Bang Ja’i
Mie Yamin / Yamien Bang Ja’i

Tekstur mie di warung Mang Ja’i ini terasa lembut dan tercium wanginya dari kolaborasi ingredient bawang goreng dan seledri.

Photo bersama Mang Agus – penerus usaha Bakso Mang Ja’i dengan latar belakang photo Almarhum Bpk. H. Achmad Sudja’i Ketemu kembaran mirip Ipin & Upin dech, hehehe ☺ ☺
Photo bersama Mang Agus – penerus usaha Bakso Mang Ja’i
dengan latar belakang photo Almarhum Bpk. H. Achmad Sudja’i
Ketemu kembaran mirip Ipin & Upin dech, hehehe ☺ ☺

Saya bersyukur bisa berphoto bersama dengan Mang Agus – penerus usaha Mie Bakso Super H. AS (Mang Ja’i).8

Nah, bagi local food lover yang ingin berkunjung kesana, saya lampirkan juga denah dari Google Map dibawah ini. Kalau rajin bertanya mudah kok menemukan lokasi warungnya. Terletak di pusat kota Sukabumi dan tidak jauh dari SMA Negeri 4 Sukabumi.

Bersambung…

 

LEAVE A REPLY