Travelling is a way to enrich our body’s health and soul,

and also to elevate our respect for the greatness of the God

(renungansubuh.jakarta.18agustus2014)

Dan… tiba-tiba keinginan untuk berkelana muncul kembali saat googling informasi spot wisata-wisata kuliner nusantara J

Setelah Bandung dan Bogor pernah menjadi tujuan wisata kuliner saya, maka kali ini saya mencari spot kuliner lain yang menarik untuk dicicipi dan untuk di share kepada segenap pengemar kuliner nusantara.

Akhirnya Sukabumi menjadi tujuan berikutnya karena tertarik dengan pesona kuliner lokalnya yang kerap dibahas di blog-blog kuliner yang banyak di jumpai di google sehingga menarik minat saya untuk menjajakinya.

Berikut akan penulis ceritakan pengalaman berwisata kuliner semalam di kota Sukabumi dari tanggal 27 s/d 28 Agustus 2016.

Kereta Api :

Moda transportasi kereta api menjadi pilihan yang menarik untuk mencapai kota Sukabumi daripada mengunakan transportasi roda empat yang pastinya akrab dengan macet J.

Selain bebas macet, kereta api juga aman dan nyaman dengan jam keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu. Selain itu dengan kecepatan kereta api yang konstan dapat digunakan untuk mengambil momen-momen indah pemandangan alam melalui kamera.

Jalur kereta api tersedia dengan rute dari Bogor ke Sukabumi. Untuk mencapai Bogor, sebaiknya mengunakan jasa kereta komuter dari Jakarta dengan waktu tempuh normal sekitar 1 ½ jam dari Stasiun Sawah Besar.

Setelah sampai di Stasiun Besar Bogor (Stasiun Kereta Komuter), maka kita keluar stasiun dan menyeberang menuju stasiun Stasiun Bogor Paledang (Stasiun Kereta Api) yang jaraknya sekitar 200 meter menaiki jembatan penyeberangan. Petunjuk arahnya cukup jelas dicantumkan di signage yang ada di Stasiun dan jembatan penyeberangan. (Jika ragu, bisa ditanyakan ke petugas keamanan di stasiun tersebut)

Soto Mie Bogor :

Sebelum menuju Stasiun Bogor Paledang, saya menyempatkan diri dulu mencari kuliner jalanan untuk sarapan. Menyusuri Jl. Mayor Oking (sebelah Stasiun Besar Bogor) membuat mata saya tertuju pada gerobak K5 Soto Mie Bogor yang lumayan ramai pengunjung untuk sarapan. Ahaaa… inilah spot kuliner Soto Mie Bogor yang sempat diulas dalam blog yang saya baca tadi malam.

Gerobak K5 Soto Mie Bogor di Jl. Mayor Oking - Bogor
Gerobak K5 Soto Mie Bogor di Jl. Mayor Oking – Bogor

mi

Inilah salah satu Soto Mie Bogor juara yang pernah saya cicipi. Kuah beningnya terasa gurih dengan mie kuning yang lembut, irisan tomat segar, potongan tetelan dan daging sapi serta potongan risoles yang jadi ciri khas soto mie bogor.

Selain itu gerobaknya juga bersih kinclong dengan penangganan bahan yang lumayan bersih juga. Jarang-jarang ketemu gerobak K5 yang bersih kayak gini lho J

Harga satu porsi Soto Mie Bogor tanpa nasi putih dapat ditebus sejumlah Rp. 10.000.-/porsi.

Oh iya, lokasinya didepan rumah kosong warna krem jalan Mayor Oking dan berjarak sekitar 80 meter dari pintu keluar Stasiun Besar Bogor.

Bersambung… 

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY